Resep dan Cara Memasak Dimsum Ceker Ayam Super Lezat

Advertisement
Memasak makanan tradisional cina yaitu dimsum
Berawal dari sebuah restoran di Jakarta yang menyajikan sebuah makanan super lezat yaitu Dimsum ceker ayam. Awalnya saya juga belum tau apa nama makanan yang saya makan ini, tetapi saat saya bertanya kepada seorang pelayan di restoran tersebut dan akhirnya saya tau nama makanan yang super lezat ini.
Saya coba mencari koki di restoran tersebut karna saya ingin bertanya apa saja sih resep dan cara memasak makanan dimsum ceker ayam yang lezat ini ?

Tidak lama kemudian akhirnya saya dapat bertemu dengan kokinya dan si koki tidak pelit memberi tahukan kepada saya resep dan cara memasak dimsum ceker ayam. Untung kemarin saya membawa sebuah pena dan buku jadi resep dan cara memasak dimsum super lengkap saya catat dan siapa tau saja kelak saya bisa menjadi koki besar ... Hehe :D

Bahan-Bahan Resep Dimsum Ceker Ayam

  1. 1 kg ceker ayam yang sudah dibersihkan, lalu potong dan bagi dua
  2. Lalu 6 pcs bunga lawang
  3. Setelah itu 1 batang kayu manis
  4. Yang ke-4 adalah 2 cm jahe lalu geprek
  5. Lalu siapkan 15 siung bawang putih dan cincang
  6. Jangan ketinggalam gula dan garam secukupnya
  7. Berikan 80 ml mushrom soy sauce pearl river
  8. 1 1/2 sdm (sendok manis) kecap Inggris
  9. 4 sdm (sendok manis) kecap manis
  10. 2 sdm (sendok manis) saus sambal belibis (jika anda suka pedas bisa ditambahkan lagi)
  11. Lalu jangan lupa juga minyak untuk menggoreng
  12. 1 liter air es beserta es batu
  13. 3 sdm tepung maizena dan larutkan dengan sedikit air
  14. 2 buah cabai merah yang besar lalu iris

Cara Memasak Dimsum Ceker Ayam

  1. Rendam terlebih dahulu ceker ayam dengan mushroom soy sauce pearl river, dan pastikan cekernya menjadi berwarna gelap semua, lalu masukkan ke kulkan (jangan ke freezer) selama 2 jam
  2. Setelah itu goreng ceker di minyak panas api besar (air kecap sisa rendaman ceker jangan dibuang) dan pastikan ceker terendam minyak semua. lalu goreng sampai berwarna coklat sedikit garing, langsung rendam di air es (selama 1 jam)
  3.  Tumis bawang putih dan jahe menggunakan sedikit minyak bekas dari menggoreng ceker, tumis sampai harum dan layu, lalu masukkan kayu manis dan bunga lawang
  4. Setelah itu masukkan semua saos (kecap inggris, kecap manis, saus sambal) dan air kecap sisa rendaman ceker, lalu tunggu sampai mendidih dan masukkan larutan maizena, gula, dan garam
  5. Masukkan ceker, cabai merah (gunakan api kecil sekali), lalu tutup pancinya selama 1/2 jam
  6. Setelah itu angkat dan Dimsum ceker ayam super lezat siap disantap bersama keluarga

  Sampai disini dulu yah gan postingan saya tentang resep dan cara memasak dimsum ceker ayam super lezat, dan minggu depan akan saya lanjut dengan berbagai informasi menarik lainnya.
Advertisement
Resep dan Cara Memasak Dimsum Ceker Ayam Super Lezat | rahmad | 5